Fenomena Kenaikan Jumlah E- Commerce

Pertumbuhan Ekonomi Akibat Pertumbuhan Teknologi



Pertumbuhan teknologi data serta penetrasi internet di pelosok wilayah sudah mendesak perkembangan pengguna internet di Tanah Air, pekembangan internet di manfaatkan oleh jasa social media marketing untuk memajukan bisnis mereka. Apabila dibandingkan negeri lain, perkembangan pengguna internet Indonesia tidak cuma melampaui rata- rata, tetapi pula ialah yang tersebesar di dunia. Di Indonesia pertumbuhan digital telah sangat pesat dikala ini juga telah banyak digital agency terbaik yang terdapat di Indonesia. Bagi survei We Are Social( 2017), pengguna internet di Indonesia menggapai 132, 7 juta ataupun 51 persen dari total populasi.


Angka itu hadapi perkembangan 51 persen ataupun 45 juta pengguna dalam kurun waktu satu tahun. Indonesia terletak di posisi paling atas, diiringi Filipina serta Meksiko yang berkembang sebesar 27 persen. Tidak hanya dengan media iklan yang telah biasa dikala ini terdapat digital adevertising Indonesia. Dari jumlah itu, sebanyak 106 juta( 40 persen) orang aktif di media sosial. Telephone seluler( ponsel) jadi media yang diseleksi buat menakses media sosial ialah sebesar 92 juta. Tingginya perkembangan pengguna internet itu pula diimbangi dengan tingginya owner ponsel ialah sebesar 91 persen populasi Indonesia. Sebaliknya pengguna smartphone berjumlah 47 persen. 



Penggunaan smartphone membuka kesempatan konsumen untuk terus mengakses internet dan aplikasi. Telepon pintar juga memunculkan peluang bagi penggunanya untuk membeli atau menjual produk dan jasa hanya dengan sentuhan layar telephone. Tak pelak, pertumbuhan teknologi digital dan penggunanya yang kian banyak membawa perubahan model bisnis.Di Indonesia perkembangan digital sudah sangat pesat saat ini pun sudah banyak digital agency terbaik yang ada di Indonesia. Riset DBS Sink or Swim – Business Impact of Digital Technology, DBS mencatat ada tiga dampak signifikan yang dibawa teknologi digital terhadap dunia binis.


Pertama, kecepatan akses dan kesempatan lebih besar bagi konsumen. Konsumen saat ini bisa mengakses berbagai layanan jasa dalam satu platform, seperti jasa social media marketing. Aplikasi membantu konsumen memilih layanan hanya dengan satu klik saja.Selain dengan media iklan yang sudah biasa saat ini ada digital adevertising Indonesia. Contohnya seperti Go-Jek, konsumen bisa memesan ojek untuk jasa transportasi, pengiriman barang, memesan makanan, bahkan mengirim uang. Kedua, cara baru melakukan business intelligence. 


Melalui teknologi digital, memungkinkan pelaku bisnis mendapatkan sumber informasi baru mengenai konsumen yang tidak pernah didapatkan sebelumnya. Pelaku bisnis juga bisa mendapatkan data mengenai kebiasaan yang dilakukan konsumen terhadap produknya sehingga bisa melakukan peningkatan kualitas layanan. Ketiga, infrastruktur digital, bukan lagi berupa fisik. Teknologi digital saat ini memungkinkan perusahaan untuk lebih berhemat. Mereka tak perlu lagi menyiapkan infrastruktur fisik seperti membuka cabang gerai, namun cukup membuka tokonya secara online.

Komentar