Fenomena Kenaikan Jumlah E- Commerce

7 Hebat Panduan Hilangkan Bintik Lantai Restaurant yang Berminyak dengan Cepat


Buka usaha restaurant di periode new normal tidak berarti tanpa resiko. Menurut ketentuan pemerintahan, restaurant, kafe, dan perhotelan dibolehkan membuka dengan persyaratan harus patuhi SOP prosedur kesehatan. Yaitu, dengan selalu bersihkan dan mendisinfeksi restaurant semaksimal kemungkinan untuk menahan kontaminasi bakteri, kuman, atau virus pemicu COVID-19.

jual sepatu safety terdekat bisa menjadi solusi untuk kamu.

Deep Cleaning untuk Dapur Restaurant Higienis

Untuk tugas beres-beres di tempat kamar makan, seperti; meja, bangku, perlengkapan makanan, pasti harus dilaksanakan tiap hari. Tetapi, untuk pembersihan yang karakternya dalam (deep clean) perlu dilaksanakan minimum satu bulan sekali. Ini penting khususnya sisi dapur yang rawan terserang recikan minyak, curahan sauce, mentega, atau lemak-lemak yang melekat sampai ke lantai.


Bersihkan lantai yang berlapis lemak makanan sebenarnya memerlukan banyak tenaga. Lemak kadang bandel hingga susah untuk dibikin bersih dengan habis. Tetapi, tidak berarti tidak ada langkah untuk bersihkan dapur Anda sampai lantai kelihatan kinclong dan kesat.


Beberapa restaurant besar memakai mesin khusus untuk proses deep cleaning lantai. Deep cleaning minimum dilaksanakan satu bulan sekali supaya tersisa kotoran, lemak, tanah, debu, dan makanan sampai ke antara lantai dapat lenyap. Tanpa mesin, proses pembersihan bisa juga dilaksanakan. Walau membutuhkan produk pencuci khusus lemak yang digosok manual dengan sikat dan pel seperti umumnya.


Seperti apakah langkah bersihkan dapur dan lantai restaurant yang penuh bintik makanan dan minyak? Berikut beberapa langkahnya:




1. Buat Agenda Khusus untuk Bersihkan


Bersihkan semakin lebih gampang bila dilaksanakan tiap hari. Itu kenapa Anda perlu membuat agenda piket bersihkan untuk pegawai. Bersihkan restaurant seharusnya dilaksanakan saat tutup sehabis jam kerja. Ini untuk menghindar penimbunan kotoran bila proses bersihkan diundur esok harinya.


Lama-lama minyak dan lemak melekat di lantai atau permukaan countertop, semakin susah untuk dibikin bersih. Kalaulah dapat, Anda perlu semakin banyak produk sabun untuk menggosok bintik sampai betul-betul lenyap.




2. Siapkan Bahan, Peralatan, dan Perlengkapan Kebersihan


Berbelanja beragam bahan pencuci untuk beragam kepentingan. Beberapa kepentingan yang diperlukan ialah:


All purpose cleaner (pencuci tempat mengolah, countertop, sisi meja dapur).

Pencuci lantai dengan disinfektan

Pencuci lemak gajih (degreaser untuk deep cleaning)

Sarung tangan karet

Sikat lantai bertangkai

Kain pel khusus dapur

Wiper lantai penggerak air dari karet

Mop press (ember dengan alat pemeras)

Floor polisher/ floor scrubber. Mesin berputar-putar untuk menyikat kotoran dan lemak lantai saat deep cleansing.

Vacuum cleaner dry and wet

Blower

Alat Perlindungan Diri (APD)

Pertanda peringatan: "Awas Lantai Licin!"



3. Membersihkan Lantai dengan Sapu Ditambah Dulu


Sapu lantai sampai bersih untuk singkirkan sampah yang memiliki ukuran besar. Yakinkan debu-debu, butiran bahan makanan, dan beberapa sisa masakan yang jatuh dibikin bersih dan digolongkan pada tempat sampah khusus makanan tersisa.


Kemudian pakai vacuum cleaner untuk mengisap debu-debu lembut yang sulit dibikin bersih dengan sapu.




4. Tuang Cairan Pencuci Lemak Lantai dan Biarkan Sepanjang 15 Menit


Campurkan degreaser (tentukan yang formulanya sanggup bersihkan gajih, lemak hewan) dengan. Turuti ukuran sama sesuai perintah (umumnya dengan perbedaan degreaser dan air sekitar 1:7). Airnya seharusnya pada keadaan panas atau hangat sama sesuai panduan penggunaan.


Kemudian dengan memakai alat pel, ratakan larutan ke semua lantai. Biarkan sepanjang 15 menit supaya larutan bekerja efisien. Nantikan beberapa bekas lemak, minyak, mentega, atau gajih di lantai luruh dengan cairan pencuci.


Berhati-hati saat memakai degreaser. Bahan pencuci ini beresiko karena karakternya yang keras dan abrasif. Hingga penting untuk Anda atau pegawai untuk menggunakan APD (mis: sarung tangan karet, kacamata perlindungan) dan membaca perintah penggunaan dengan cermat. Degreaser harus juga selalu dicampurkan sama air untuk meminimalisir resiko bahaya.


Bila dapur tidak ternodai lemak, tapi ada tempat yang bau tajam dan sulit di hilangkan, pakai Wipol Disinfektan Refill 1 Liter sekitar 20 ml tanpa dicairkan sama air. Tuang ke sumber berbau/kotoran, lalu nantikan beberapa saat. Berbau menusuk akan lenyap dalam waktu cepat.




5. Sikat dan Gosok Lantai Selanjutnya Membersihkan dengan Air Bersih


Mengambil sikat lantai bertangkai dan gosok lantai untuk menyikat semua lemak yang melekat di lantai. Yakinkan tidak ada sisi lantai yang terlewatkan. Cermat beberapa sudut dan antara lantai, dan gosok sampai semua betul-betul bersih.


Proses ini semakin lebih optimal bila Anda mempunyai mesin scrubber lantai/ polisher lantai untuk menggerus lemak yang menyempil di pori-pori lantai yang tidak nyata. Mesin ini berputar-putar automatis saat bersihkan lantai. Sisi sikatnya bisa juga ditukar sama sesuai keperluan.


Sesudah proses menyikat usai, basuh lantai sama air bersih. Lantas pakai wiper lantai karet untuk buang tersisa air, sabun, dan lemak.


6. Persiapkan Pel dan Ember, Pel Lantai dengan Pencuci Lantai yang Wangi


Sesudah lemak lenyap, sekarang waktunya membuat dapur harum dan higienis. Persiapkan ember dan pel lantai. Lantas campurkan 20 ml pencuci lantai Wipol Cemara Profesional 1,6 L dalam ember sama air 1 ltr. Pel lantai secara rata sampai semua ruangan berasa bersih dan wangi.


Kami memercayakan lantai dapur yang higienis dengan sentuhan Wipol Cemara Profesional 1,6 L. Berikut opsi pas untuk cairan pencuci lantai antikuman dengan pewangi fresh. Diformulasi dengan tehnologi Pine Action yang mendisinfektan beragam kuman, jamur, dan virus terhitung COVID-19.




7. Semprot Pengharum Ruang supaya Restaurant Berasa Sejuk dan Fresh


Sesudah dipel sampai bersih, keringkan lantai. Anda dapat pakai mesin blower untuk percepat pengeringan. Bila keringkan lantai tanpa blower, tutup akses masuk-keluar dapur untuk menghindar tergelincir atau masuknya kotoran ke ruang.


Selanjutnya, cara akhir untuk membuat ruang restoran yang nyaman ialah memakai pengharum ruang. Tempatkan pengharum berbentuk spray automatis atau wewangianterapi di sejumlah titik untuk memberinya wewangian wangi semakin lama.


Beberapa pengharum ruang yang dapat diputuskan untuk restaurant, kafe, atau warung makanan ialah minyak wangi kopi yang mempunyai harum unik dan sanggup menetralisir berbau tidak lezat.




Prioritaskan Keselamatan! 6 Panduan Penting Saat Bersihkan Lantai Berlemak di Restaurant


1. Persiapkan Daftar Gagasan untuk Pekerjaan Bersih-Bersih Ini


Rencana yang masak ialah kunci khusus kebersihan ruang usaha Anda. Ini untuk meminimalisir resiko yang dapat berpengaruh pada rugi usaha restaurant. Seenak apa saja menu kulineran yang dijajakan, ketidakberhasilan memutuskan standard kebersihan pada bagian dalam atau luar restaurant dapat membuat konsumen setia malas tiba kembali ke arah tempat Anda.


Hingga management restaurant perlu membuat rencana kebersihan sama sesuai SOP yang diinstruksi pemerintahan atau WHO, sekalian membuat standard keselamatan pegawai saat melakukan pekerjaan kebersihan.


Rencana dapat dibikin dengan detail, mencakup:


Daftar pekerjaan bersihkan (sapu, vacuum, mengepel, mengelap meja, kaca, dan lain-lain.)

Tipe beberapa alat yang dipakai (sapu, vacuum cleaner, alat pel, sikat, kain, dan lain-lain.)

Bahan pencuci (pencuci lemak, pencuci lantai disinfektan)

Piket pegawai

Posisi lantai ruang yang mana dibikin bersih lebih dahulu.

Agenda penerapan, dan lain-lain.



2. Membersihkan Teratur Ember dan Alat Pel


Beberapa alat kebersihan selalu harus dibikin bersih teratur supaya bekerja optimal saat dipakai. Misalkan, kain pel yang sering digunakan bersihkan lemak, umumnya masih tetap licin walau dicuci berulang-ulang, hingga perlu ditukar dengan kain yang baru.


Disamping itu tersisa lemak, minyak, mentega, kerap melekat pada dinding ember. Oleh karena itu, sisi dalam ember perlu disikat, dibikin bersih dengan sabun, lalu dibasuh sampai bersih.




3. Persiapkan Baju dan Sepatu Khusus saat Bersihkan


Keselamatan saat melakukan pekerjaan bersihkan sebaiknya jadi perhatian. Yakinkan Anda mempersiapkan APD dengan standard keselamatan untuk pegawai restoran Anda.


Saat mengepel lantai dapur yang penuh lemak dan curahan makanan atau minuman, bisa jadi terjadi kecelakaan kerja karena tergelincir, cedera bakar karena terserang panci panas, atau terpercik cairan pencuci lantai yang keras. Beragam resiko beresiko ini penting diingat dengan serius, baik Anda sendiri atau pegawai Anda yang melakukan.


Menjaga proses bersihkan lantai masih tetap aman dan kurang dari cidera dengan mempersiapkan perlengkapan keselamatan atau APD berikut ini:


Baju khusus. Membuat perlindungan baju dari recikan kotoran dan bahan pencuci yang abrasif.

Sepatu khusus (dengan perlindungan anti-selip). Untuk jaga sanitasi dapur dari kotoran tanah, sepatu luar jangan digunakan. Sebagai tukarnya, sepatu yang anti-selip dapat dipakai membuat perlindungan kaki dari cairan pencuci sekalian menahan tergelincir.

Kacamata perlindungan. Membuat perlindungan mata yang peka dari cairan pencuci.

Sarung tangan plastik. Membuat perlindungan tangan dari recikan karbol/pencuci lantai. Ini karena beberapa macam bahan pencuci memiliki kandungan zat kimia yang keras dan dapat mencederai kulit atau mata



4. Pasang Pertanda Peringatan "Awas Lantai Licin!"


Yakinkan untuk mempersiapkan pertanda peringatan di lantai di sejumlah lokasi ke pintu masuk ruang.


Pasang saat dekati waktu pembersihan, supaya tidak ada orang berakhir-lalang. Bila pertanda peringatan lantai licin tidak terpasang, bisa jadi ada yang tergelincir karena licinnya keadaan lantai yang basah.




5. Check Aliran Air


Sanitasi harus pada keadaan lancar. Check aliran air saat sebelum proses bersihkan diawali.


Yakinkan pegawai yang bekerja betul-betul memeriksa kelancaran pipa-pipa pembuangan air. Bila aliran buntet, aliran harus dibikin bersih dahulu dari kotoran yang menutup pipa.




6. Latih Pegawai untuk Ikuti Pelatihan Khusus Kebersihan


Usaha restaurant yang makin mengalami perkembangan kurang cukup cuman memercayakan pegawai dengan performa biasa-biasa saja. Apa lagi untuk masalah kebersihan dapur restaurant. Pengunjung tahu jika makanan yang berkualitas pasti datang dari keadaan dapur yang bersih, higienis, dan bebas kuman.


Tidak ada kelirunya Anda memfokuskan perhatian pada kekuatan pegawai Anda. Berikan training pada pegawai yang paling cekatan dan trampil dalam kerjakan pekerjaan ini.


Sekarang telah ada beragam training professional untuk tingkatkan kualitas pegawai dengan standard tinggi sama denganf hotel dan perusahaan besar. Lewat training, pegawai dapat tingkatkan kepiawaiannya dalam melakukan pekerjaan sama sesuai proses dan menambahkan wacana mereka mengenai restaurant yang sehat, higienis, dan bebas kuman. Namun tetap searah dengan konsep kelestarian lingkungan.


Itu panduan dan langkah bersihkan dapur restaurant untuk hasil optimal. Memang kebersihan dapur bukan agunan keberhasilan usaha restaurant Anda. Namun, tanpa mempunyai standard kebersihan yang berkualitas, usaha restaurant juga tidak akan sukses karena konsumen setia condong pilih restaurant yang higienis, ditambah di periode wabah sekarang ini.

Komentar